Jasa Aqiqah di Tanggerang

Assalamu’alaikum Ayah Bunda

Alhamdulillah Hirobbil Alamiin Assolatu Wassalamu ala Asyrofil  anbiyai wal mursalin wa’ala alihi wasohbihi ajmain amma ba’du. Semoga kita sealu dalam lindungan Allah SWT. Segala puji bagi Allah yang telah telah mengutus rasullnya dengan membawa petunjuk agama yang benar. Dia memenangkannya atas agama – agama, sekalipun orang – orang kafir membenci nya. Dan semoga solawat dan salam tetap tercurah kepada sebaik – baiknya mahluk, yaitu Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarganya, para sahabatnya, serta para pengikutnya sampai akhir zaman aamiin.

Bagi Ayah Bunda yang sekarang sedang menantikan kehadiran lahirnya anak, pasti sangat di tunggu – tunggu bukan. Nah seorang ibu yang mengandung anak nya selama sembilan bulan pada saat anak nya lahir ke dua ini pasti di adzani dan di iqamat, nah ketika seorang bayi sudah tujuh hari maka sunnah nya di aqiqahi oleh orang tuannya. Bayi laki – laki maupun perempuan dan ada ketentuannya jika bayi laki – laki di aqiqahi dengan dua ekor kambing dan untuk bayi perempuan cukup satu ekor kambing.

Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, ia di sembelih hari ketujuh dari kelahirannya, di cukur dan di beri nama. Tujuan mencukur rambut bayi adalah untuk kesehatan, mencukur rambut bayi dapar memperkuat kepala, membuka pori – pori di samping, memperkuat indra penglihatan, pendengaran dan penciuman. Disunnahkan memberi nama yang baik pada bayi karena ada hadis. ‘’ sesungguhnya di hari kiamat kalian akan di panggil dengan nama kalian dan nama ayah – ayah kalian, maka perbaguslah nama kalian ‘’.

Sebagai ungkapan rasa syukur dengan telah di anugrahkan kannya anak dan karunia kepada kita yang telah di beri nikmat oleh Allah SWT. Sebagai wasilah atau perantara untuk memohoon kepada Allah agar anak yang baru lahir itu di jaga dan dibimbing kepada jalan yang di ridhai nya.

Ada beberapa yang harus dilakukan perihal Aqiqah yang harus Ayah Bunda ingat

  1. Secara hukum, aqiqah itu hukumnya sunnah muakkadah, di kerjakan mendapat banyak kebaikan, ditinggal tidak berdosa, tapi rugi karena sudah kehilangan mendapatkan kebaikan.
  2. Sunnah aqiqah itu di peruntukan untuk orang tua bayi, bukan atas bayi itu sendiri, dan diambilkan dari harta orang tuanya bukan dari harta s bayi.
  3. Kesunnahan aqiqah itu lebih utama untk bayi laki – laki menyembelih 2 ekor kambing, dan untuk bayi perempuan dengan 1 ekor kambing untuk bayi laki – laki dinilai boleh cukup.
  4. Kesunnahan penyembelihan hewan aqiqah dilakukan di hari ketujuh dari kelahiran bayi, walaupun sudah hari ketujuh tetap di nilai boleh. Namun tidak dianggap aqiqah jika sembelihan dilaksanakan sebelum bayi lahir.
  5. Selain aqiqah di hari ketujuh, saat itu juga di sunnahkan untuk memberi nama pada bayi, dan mencukur eluruh rambut bayi, dan disunnahkan untuk bersedekah dengan harga emas atau perak atau senilai berat rambut bayi yang dicukur habis.
  6. Ketentuan kambing aqiqah sama dengan kambing untuk hewan qurban, diusahakan umur kambingnya cukup dan tidak ada aib atau cacat fisik yang sangat nyata.
  7. Daging sembelihan sunnahnya di masak terlebih dahulu baru dimakan oleh keluarga, dihadiahkan, atau disedekahkan, kepada kerabat, tetangga, fakir miskin.
  8. Dalam madzhab As- Syafii, daging aqiqah dimasak manis, selain dari Rasulullah SAW menyukai makanan manis juga menyukai madu yang manis. Masalah untuk sembelihan aqiqah itu sebagai taufalan atau harapan agar akhlak s bayi ke depannya juga manis.
  9. Namun dimasak asem, asin, atau yang lainnya juga terap boleh tidak ada tuntutan khusus dalam jenis masakan hewan aqiqah.
  10. Jika seseorang sudah dewasa dan ingin mengaqiqahi dirinya sendiri lantaran dulu nya kedua orag tuanya belum sempat mengaqiqahi anak nya, tetap di bolehkan.

Aqiah adalah sunnah rasul sebagai penyembelihan hewan dalam rangka penebusan seorang anak. Sebab, sebagai mana sabda Nabi SAW dalam hadist riwayat Abu Dawud nomor 1522, tubuh seorang anak itu tergadaikan sampai ia di aqiqahi.

Alhamdulillah hirobbil allamin semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan tentang ibadah aqiqah, sebagai bentuk syukur kita telah di beri anak oleh Allah SWT. Nah jika ayah bunda ingin melaksanakan aqiqah. Aqiqah yang baik adalah aqiqah dalam waktu pelaksanaan aqiqah lebih baik pada hari ketujuh pada saat bayi lahir, tapi tidak masalah jika tidak mampu, dianjurkan daging aqiqah di masak, mengundang untuk makan – makan aqiqah, dan membagikan nya kepada terangga dan fakir miskin. Dan jika ayah bunda ingin mendapat nya harga yang cocok untuk semua Jasa aqiqah di Tangerang ini bisa sangat membantu ayah bunda dalam masalah harga. Jasa Aqiqah di Tangerang

Jasa Aqiqah di Tangerang
Jasa Aqiqah di Tangerang

Syarat hewan Aqiqah adalah tidak dipermasalahkan jenis kelamin pada hewan yang akan di aqiqah kan, kondisi kambing atau domba tidak cacat, umur kambing minimal 1 tahun. Nah jika ayah bunda ingin melaksanakan aqiqah ayah bunda bisa datang ke Jasa Aqiqah Tangerang. Ayah bunda bisa mendapat kan harga yang murah dan ayah bunda juga bisa memilih menu yang ada dalam aqiqah tersebut, ada nasi box juga bila ingin membagikan nya kepada tetangga fakir miskin atau anak yatim. Jasa Aqiqah di Tangerang

Karena Allah SWT berfirman “ bertawakallah kepada Allah semampu kalian” ( QS. At Taghobun: 16 )

Terimakasih Wassalamu’alaikum warrahmatullah hiwabarokatuh.     

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by