Jasa Aqiqah di Cikarang

Assalamu’alaikum ayah bunda

Alhamdulillah hirobbil alamin, segala puji bagi Allah yang telah telah mengutus rasullnya dengan membawa petunjuk agama yang benar. Dia memenangkannya atas agama – agama, sekalipun orang – orang kafir membenci nya. Dan semoga solawat dan salam tetap tercurah kepada sebaik – baiknya mahluk, yaitu Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarganya, para sahabatnya, serta para pengikutnya sampai akhir zaman aamiin.

Nah kali ini Jasa Aqiqah ke Cikarang akan sharing – shareng mengenai Aqiqah. Hampir semua muslim tidak asing dengan amalan aqiqah merupakan bitiran sunnah yang mubarakah yang di jadikan tradisi kaum muslimin di seluruh dunia, sehingga sunnah ini seakan tidak pernah punah dari dunia pengalaman. Rasulullah SAW bersabda,” Barang siapa yang diantara kalian ingin menyembelih hewan ( kambing ) untuk kelahiran bayinya, hendaknya ia lakukan”. Hadis itu menunjukan tidak wajib nya aqiqah sebab dalam sabdanya, beliau memberikan kebebasan dalam memilih.

Dalam pasangan suami istri yang baru saja menikah pastinya ingin memiliki seorang anak. Dan rasanya jika kehadiran anak ini sangatlah di tunggu tunggu bagi keluarga ini. Dianugrahkan seorang bayi adalah hal yang harus di syukuri, diberikan nya anak sebagai titipan dari Allah SWT. Artinya ayah bunda sudah di beri kepercayaan yang sangat luar bisa oleh sang maha pencipta.

Maka dari itu ketika sang ibu telah mengandung sembilan bulan dan bayi sudah lahir dalam kandungan ibu nya selama sembilan bulan itu, dan sudah sampai tujuh hari maka anak itu harus di aqiqahi sebagai umat islam itu menjadi sunah yang artiya jika dilakukan mendapat pahala, dan jika tidak di lakukan tidak mendapatka dosa. Aqiqah adalah menyembelih hewan kambing bagi anak laki – laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan hanya satu ekor kambing saja.

Orang yang tidak mempunyai kemampuan untuk melaksanakan aqiqah tidak perlu menunggu hari ketujuh untuk menamai bayi nya, bagai mana kisahnya nabi Ibrahim bin Abi Musa, Abdullah bin Abi Thalhah, demikian juga ibrahim putra Rasulullah SAW. Dan Abdullah bin Zubair semuanya di berikan nama sebelum hari ketujuh dikarenakan mereka tidak di aqiqah. Barang siapa yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakaanya, maka hendak nya dia mengakhiri penamaan bayi nya pada hari ketujuh.

Imam malik ra. Berakata “ Apabila bayi itu meninggal sebelum hari ketujuh maka gugurlah sunnah aqiqah bagi kedua orang tuanya”. Cara menentukan hari ketujuhnya yaitu mulai drai kelahirannya, sekalipun telah beberapa saat lagi akan habis ( malam ).

Apa boleh? Aqiqah bertepatan dengan idul Adha, jika aqiqah bertepatan dengan dengan idul adha, maka pendapat yang rajih – wallahu alam bahwa tidak sah jika di kerjakan salah satu nya ( satu amalan dua niat ) sebab aqiqah dan udhiyah ( qurban ) adalah bentuk ibadah yang tidak sama jika di tinjau dari segi bentuk nya dan tidak ada dalil yang menjelaskan sah mengerjakan salah satu nya dengan niat dua amalan sekaligus. Sedangkan sebaik – baik petunjuk Rasulullah SAW.

Imam Asy Syafi’i sendiri menyatakan bahwa Nabi Rasulullah SAW tidak lah mengaqiqahi dirinya sendiri ( ketika dewasa ) sebagi mana di sebutkan dalam salah satu kitab fiqih Syafi’iyah Kifayatul Akhyar. Riwayat yang menyatakan Rasulullah SAW meng aqiqahi dirinya sendiri setelah diangkat menjadi Nabi. Aqiqah tentu saja melihat pada kemampuan orang yang bertanggung jawab untuk aqiqah, karena Allah SWT berfirman “ bertawakallah kepada Allah semampu kalian” ( QS. At Taghobun: 16 ).

Nah bagi Ayah Bunda yang mampu untuk beraqiqah Jasa Aqiqah di Cikarang bisa membantu dalam mengurus semua yang di butuhkan untuk aqiqah mulai dari hewan nya kambing atau domba, serta dalam memasaknya dan sajian sajian lainya. Jika ayah bunda berminat ayah bunda bisa datang dan memilih hewan yang akan di aqiqahkan dan menu – menu makanan nya yang sangat beragam dan pastinya ayah bunda asik dalam memilih nasi box, cemilan, dan buah – buahan nya.

Alhamdulillah hirobbil allamin semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan tentang ibadah aqiqah, sebagai bentuk syukur kita telah di beri anak oleh Allah SWT. Nah jika ayah bunda ingin melaksanakan aqiqah. Aqiqah yang baik adalah aqiqah dalam waktu pelaksanaan aqiqah lebih baik pada hari ketujuh pada saat bayi lahir, tapi tidak masalah jika tidak mampu, dianjurkan daging aqiqah di masak, mengundang untuk makan – makan aqiqah, dan membagikan nya kepada terangga dan fakir miskin. Dan jika ayah bunda ingin mendapat nya harga yang cocok untuk semua Jasa aqiqah di Cikarang ini bisa sangat membantu ayah bunda dalam masalah harga Jasa Aqiqah di Cikarang

Syarat hewan Aqiqah adalah tidak dipermasalahkan jenis kelamin pada hewan yang akan di aqiqah kan, kondisi kambing atau domba tidak cacat, umur kambing minimal 1 tahun. Nah jika ayah bunda ingin melaksanakan aqiqah ayah bunda bisa datang ke Jasa Aqiqah Cikarang. Ayah bunda bisa mendapat kan harga yang murah dan ayah bunda juga bisa memilih menu yang ada dalam aqiqah tersebut, ada nasi box juga bila ingin membagikan nya kepada tetangga atau fakir miskin. Jasa Aqiqah di Cikarang

Karena Allah SWT berfirman “ bertawakallah kepada Allah semampu kalian” ( QS. At Taghobun: 16 )

Jasa Aqiqah di Cikarang

Terimakasih

Wassalamu’alaikum warrahmatullah hiwabarokatuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by