Jasa Aqiqah di Bekasi

Assalamu’alaikum ayah bunda,

Puji syukur kita panjatkan kehadirant Allah SWT, yang telah memberiakan rahmat, hidayah dan kesehatan untuk menulis artikel Jasa Aqiqah Bekasi.

Dalam pasangan suami istri yang baru saja menikah pastinya ingin memiliki seorang anak. Dan rasanya jika kehadiran anak ini sangatlah di tunggu tunggu bagi keluarga ini. Dianugrahkan seorang bayi adalah hal yang harus di syukuri, diberikan nya anak sebagai titipan dari Allah SWT. Artinya ayah bunda sudah di beri kepercayaan yang sangat luar bisa oleh sang maha pencipta.

Maka dari itu ketika sang bayi sudah lahir dalam kandungan ibu nya selama sembilan bulan, dan sudah sampai tujuh hari maka anak itu harus di aqiqahi sebagai umat islam itu menjadi sunah yang artiya jika dilakukan mendapat pahala, dan jika tidak di lakukan tidak mendapatka dosa. Aqiqah adalah menyembelih hewan kambing bagi anak laki – laki dua ekor kambing dan untuk anak perempuan hanya satu ekor kambing saja.

Jasa Aqiqah di Bekasi
Jasa Aqiqah di Bekasi

Pada masa sebelum islam, masyarakat Arab telah biasa melakukan tradisi memotong hewan untuk berbagai perayaan. Baik yang berkaitan dengan acara pemujaan atau untuk mengungkapkan rasa suka cita atas sebuah peristiwa yang mereka angkap penting dan bernilai. Selain islam, masyarakat Arab sudah terbiasa melakukan pemotongan hewan ketika memasuki bulan Rajab yang kemudian disebut Rajabiah, menyembelih anak kambing atau domba. Yang lahir pertama disebut dengan atirah, dan ketika lahiran anak laki – laki yang di sebut dengan aqiqah.

Rajabiah adalah menyembelih kambing yang di lakukan masyarakat Arab, sebelum islam pada memasuki bulan Rajab. Sementara atira adalah menyembelih anak kambing atau domba yang lahr prtama kali. Kemudian masyarakat Arab memakan makanan nya bersama – sama dan sisa nya kepada orang lain.

Adapun aqiqah adalah menyembelih kambing ketika melahirkan anak laki – laki. Masyarakat Arab sangat bersuka cita atas kelahiran anak laki – laki sehingga mereka perlu merayakan kelahiran anak tersebut. Dahulu orang – orang pada masa Jahiliyah apabila mereka beraqiqah untuk seorang bayi, mereka melumuri kapas dengan darah aqiqah, lalu ketika mencukur rambut si bayi mereka melumurkan pada kepalanya. Maka Nabi SAW. Menyuruh mereka mengganti darah tersebut seraya berata. Gantilah Minyak Itu Dengan Minyak Wangi.

Dilihat dari hadist bahwa tradisi aqiqah sudah dilakukan oleh masyarakat arab, sebelum islam. Kemudian dilanjutkan dengan sedikit perbaikan oleh islam mulai dari anak laki – laki hingga anak perempuan yang baru lahir harus di aqiqah. Umat islam meneruskan atradisi ini sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, juga atas kelahiran seorang anak. Serta mengandung kebaikan sosial berupa memberikan daging hewan kepada fakir miskin dan masyarakat sekitar.

Kelahiran dan kematian adalah sesuatu yang pasti di dunia ni. Setiap orang yang lahir ke muka bumi, disaat yang sama pasti akan meninggal dunia. Tidak hanya setiap hari, setiap detik suara tangisan bayi pastilah terdengar di salah satu belahan dunia. Bila seseorang meninggal diantarannya adalah pemandian jenazah, sholat jenazah, pengantaran ke pemakaman dan sebagainya. Bagaimana denga manusia yang baru lahir ke dunia ini.

Manusia yang baru lahir atau bayi, lebih baik di aqiqah. Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguank dari nya ( shahih hadist riwayat bukhari ). Pelaksanaan aqiqah yaitu penyembelihan seekor hewan sebagai bagian dari upacara kelahiran seorang anak ternyata sudah pernah dilakukan di zaman jahiliyah.

Tatacara beraqiqah

  1. Waktu Pelaksanaan

Hari pelaksanaaan ibadah biasanya di lakukan 7 hari setelah anak lahir. Bisa juga di laksanakan pada hari ke 14, 21 dan setelahnya. Namun, tidak masalah untuk melaksanakan aqiqah di waktu waktu lainnya.

  • Jumlah Hewan

Ada perbedaan jumlah hewan yang harus di sembelih pada aqiqah ini, antara bayi laki – laki dan bayi perempuan. Bagi bayi laki – laki jumlah kambing yang harus di sembelih dua ekor kambing. Sedangkan untuk bayi perempuan cukup satu kambing saja. Seabagai mana hadis Aisyah berkata jika Rasulullah bersabda, Bayi laki- laki di aqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing. ( Shahih Hadist Riwayat Ahmad ).

  • Mencukur Rambut Bayi

Setelah menyembelih hewan kambing, maka ibadah selanjutnya mencukuri atau menggunduli kepada bayi. Sebagaimana hadist Nabi. Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya pada hari ke tujug ya, di sembelih hewan kambing, diberi nama di cukur rambut nya.

  • Melumuri Dengan Minyak Wangi

Setelah kepala bayi di gunduli, maka kepala tersebut dapat di lumuri denganminyak wangi. Inilah yang membedakan pada zaman jahiliyah. Pada zaman jahiliyah di lumuri dengan darah kambing.

  • Bersedekah

Terakhir dengan bersedekah. Perhitungan sedekah tersebut diambil dari berat rambut si bayi yang di potong. Setelah rambut bayi di potong, maka rambut – rambut tersebut di kumpulkan kemudian di timbang. Hasil berat timbangan tersebut kemudian di konversi dalam bentuk perak.

Semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan tentang ibadah aqiqah, sebagai bentuk syukur kita telah di beri anak oleh Allah SWT. Nah jika ayah bunda ingin melaksanakan aqiqah.

Syarat hewan Aqiqah adalah tidak dipermasalahkan jenis kelamin pada hewan yang akan di aqiqah kan, kondisi kambing atau domba tidak cacat, umur kambing minimal 1 tahun. Nah jika ayah bunda ingin melaksanakan aqiqah ayah bunda bisa datang ke Jasa Aqiqah Baekasi. Ayah bunda bisa mendapat kan harga yang murah dan ayah bunda juga bisa memilih menu yang ada dalam aqiqah tersebut, ada nasi box juga bila ingin membagikan nya kepada tetangga atau fakir miskin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Assalamu Alaikum
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by